Skip to main content

Manajemen Waktu secara Efektif

 


Manajemen waktu merupakan proses dari perencanaan dan pengendalian berapa banyak waktu yang kita habiskan pada kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan kita sebagai individu dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.

Penting sekali bagi kita, untuk memiliki kemampuan mengatur waktu secara efektif. Karena, manajemen waktu yang baik dapat mengarahkan kita ke peningkatan efisiensi dan produktivitas, mengurangi stres, serta membuat hidup kita semakin sukses. Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari manajemen waktu secara efektif, di antaranya yaitu :

 1. Penghilang Stres
 2. Lebih banyak waktu
 3. Lebih banyak kesempatan
 4. Kemampuan untuk merealisasikan target

Tentunya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan. Setelah kita mengetahui manfaat dan pentingnya manajemen waktu, kita akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu penerapannya. Adakah cara untuk menerapkannya ? Tentu saja ada.
Berikut saya akan jelaskan 7 langkah dalam penerapannya :

 1. Atur Target dengan Benar
     Atur target yang dapat dicapai dan diukur, gunakan metode SMART ketika mengatur target. Intinya, pastikan target yang anda tetapkan spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.

 2. Prioritaskan dengan Bijak
     Prioritaskan tugas berdasarkan kepentingan dan mendesak. Caranya akan dijelaskan sebagai berikut :
  • Penting dan mendesak : Lakukan segera
  • Penting tapi tidak mendesak : Putuskan kapan akan dilakukan
  • Tidak penting tapi mendesak : Delegasikan jika memungkinkan
  • Tidak penting dan tidak mendesak : Lakukan nanti     
  3. Atur Batas Waktu untuk Menyelesaikan Tugas
      Menetapkan batas waktu dalam menyelesaikan tugas, membantu anda lebih fokus dan efisien. Membuat upaya ekstra kecil untuk memutuskan berapa banyak waktu yang ada perlukan untuk setiap tugas, juga dapat membantu anda mengenali potensi masalah sebelum muncul. Dengan begitu, anda dapat membuat rencana untuk menghadapinya.

4. Istirahat di antara Tugas-Tugas
Ketika melakukan banyak tugas tanpa beristirahat, hal itu menyusahkan kita untuk tetap fokus dan termotivasi. Berikan waktu istirahat di antara tugas-tugas untuk menjernihkan pikiran dan menyegarkan diri. 

5. Mengorganisir diri sendiri 
Manfaatkan kalender anda untuk menajemen waktu dalam jangka yang lebih panjang. Tuliskan batas waktu pengumpulan untuk proyek, atau untuk tugas yang merupakan bagian dari penyelesaian proyek secara keseluruhan. Pikirkan tentang hari yang mana boleh jadi terbaik untuk mendedikasikan pada tugas-tugas tertentu.

6. Hilangkan Tugas/Kegiatan yang Tidak Penting
Penting untuk menghilangkan aktivitas atau tugas yang berlebih. Tentukan apa yang penting dan apa yang pantas diberi waktu. Menghilangkan tugas/kegiatan yang tidak penting membebaskan lebih banyak waktu anda untuk dihabiskan pada hal yang benar-benar penting. 

7. Rencanakan ke Depan
Pastika anda memulai hari dengan ide yang jelas terhadap apa yang anda butuh lakukan, dan apa yang butuh anda selesaikan pada hari itu. Pertimbangkan untuk membuat suatu kebiasaan setiap akhir hari kerja. Lanjutkan dengan menulis daftar yang anda akan lakukan pada esok hari. Degan begitu, anda dapat mulai berlari keesokan paginya.

Manfaatkan waktu anda sebaik mungkin, karena waktu terus berjalan dan tidak dapat diulang.
Sekian. Terima kasih.          

Comments

Popular posts from this blog

#1 MYSTORY : Kelas 12 dan Persiapan Untuk Masuk PTN

  Untuk di postingan kali ini gue bakalan bercerita karena bingung mau bikin tulisan tentang apa. Jadi di seri MYSTORY kali ini gue akan bercerita tentang perjalanan gue dari kelas 12 sampai gue ikut pelaksanaan UTBK(Ujian Tulis Berbasis Komputer).   Kisah ini berawal dari gue masuk kelas 12. Ketika itu gue masuk kelas 12 ipa 3 yang notabene nya banyak anak-anak pintar dan ambis. Gue mikirnya nih kelas pasti kurang rame, karena anak-anak yang rame banyaknya di kelas sebelah dan gue disitu merasa bahwa nih kelas enak buat belajar dan bakalan bisa fokus terus. Di pertemuan pertama gue ngerasa agak beda, karena anak-anak nya beda dari kelas yang sebelumnya, btw kelas gue dari kelas 10 ampe kelas 11 gak berubah anak-anak nya. Jadi pas sekelas sama anak yang beda rada canggung dikit. Gue sendiri tipe orang yang pendiam jadi gak banyak ngobrol. Untuk wali kelas nya sendiri beliau adalah guru kimia angkatan gue dari kelas 10, jadi gue dan teman-teman sekelas udah tau tipe dan cara beliau ngaj

Definisi Menulis Beserta Penjelasannya

Apa itu menulis ? "menulis" adalah proses menggunakan simbol (huruf alfabet, tanda baca dan spasi) untuk mengemukakan pikiran dan ide di sebuah formulir atau media yang dapat dibaca. umumnya, kita menulis menggunakan pulpen/pensil (menulis tangan) atau papan ketik (mengetik). Dengan sebuah pulpen/pensil kita biasanya menulis di atas permukaan seperti kertas atau papan tulis. Sebuah papan ketik biasanya melekat pada seorang pengetik, komputer, atau perangkat seluler. Program pengenalan suara diuntukkan kepada siapa saja yang tidak bisa melihat atau menggunakan tangan mereka agar dapat mentranskripsikan pikiran mereka.  Untuk menulis dengan jelas penting sekali untuk memahami dasar dari struktur bahasa,  termasuk pengetahuan tentang tata bahasa, tanda baca, dan struktur kalimat. Kosakata juga sangat perlu, seperti ejaan yang benar dan pemformatan.  Seorang penulis boleh menulis untuk kesenangan diri, dipergunakan (Make money), atau untuk para pembaca satu atau lebih. Pembaca bo

(Review Buku) Atomic Habits : Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

  Judul Buku : Atomic Habits Penulis : James Clear  Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun terbit : 2019  Semua orang berpikir jika ingin mengubah hidup, perlu memikirkan hal-hal besar. Akan tetapi James Clear, seorang pakar kebiasaan terkenal kelas dunia berhasil menemukan sebuah cara lain. Ia paham betul bahwa perubahan yang nyata berasal dari efek gabungan ratusan kebiasaan kecil dimulai dari mengerjakan bangun lima menit lebih awal sehari, hingga membaca buku setiap malam sebelum tidur. Ia menyebut hal tersebut, Atomic Habits. Karya bukunya ini berisi tentang cara mudah dan terbukti untuk membentuk kebiasaan baik sekaligus menghilangkan kebiasaan buruk. Selain itu, di buku ini juga terdapat sebuah sistem revolusioner untuk menjadi 1 persen lebih baik setiap hari. Dimulai dari penjelasan mengapa perubahan kecil menghasilkan perbedaan yang besar, yang kemudian mengungkapkan bahwa menjadi 1 persen lebih baik setiap hari, dapat memberikan hasil 37 kali lebih baik dalam setahun. Di buk