Manajemen waktu merupakan proses dari perencanaan dan pengendalian berapa banyak waktu yang kita habiskan pada kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan kita sebagai individu dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat.
Penting sekali bagi kita, untuk memiliki kemampuan mengatur waktu secara efektif. Karena, manajemen waktu yang baik dapat mengarahkan kita ke peningkatan efisiensi dan produktivitas, mengurangi stres, serta membuat hidup kita semakin sukses. Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari manajemen waktu secara efektif, di antaranya yaitu :
1. Penghilang Stres
2. Lebih banyak waktu
3. Lebih banyak kesempatan
4. Kemampuan untuk merealisasikan target
Tentunya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan. Setelah kita mengetahui manfaat dan pentingnya manajemen waktu, kita akan lanjut ke tahap berikutnya yaitu penerapannya. Adakah cara untuk menerapkannya ? Tentu saja ada.
Berikut saya akan jelaskan 7 langkah dalam penerapannya :
1. Atur Target dengan Benar
Atur target yang dapat dicapai dan diukur, gunakan metode SMART ketika mengatur target. Intinya, pastikan target yang anda tetapkan spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan tepat waktu.
2. Prioritaskan dengan Bijak
Prioritaskan tugas berdasarkan kepentingan dan mendesak. Caranya akan dijelaskan sebagai berikut :
- Penting dan mendesak : Lakukan segera
- Penting tapi tidak mendesak : Putuskan kapan akan dilakukan
- Tidak penting tapi mendesak : Delegasikan jika memungkinkan
- Tidak penting dan tidak mendesak : Lakukan nanti
3. Atur Batas Waktu untuk Menyelesaikan Tugas
Menetapkan batas waktu dalam menyelesaikan tugas, membantu anda lebih fokus dan efisien. Membuat upaya ekstra kecil untuk memutuskan berapa banyak waktu yang ada perlukan untuk setiap tugas, juga dapat membantu anda mengenali potensi masalah sebelum muncul. Dengan begitu, anda dapat membuat rencana untuk menghadapinya.
4. Istirahat di antara Tugas-Tugas
Ketika melakukan banyak tugas tanpa beristirahat, hal itu menyusahkan kita untuk tetap fokus dan termotivasi. Berikan waktu istirahat di antara tugas-tugas untuk menjernihkan pikiran dan menyegarkan diri.
5. Mengorganisir diri sendiri
Manfaatkan kalender anda untuk menajemen waktu dalam jangka yang lebih panjang. Tuliskan batas waktu pengumpulan untuk proyek, atau untuk tugas yang merupakan bagian dari penyelesaian proyek secara keseluruhan. Pikirkan tentang hari yang mana boleh jadi terbaik untuk mendedikasikan pada tugas-tugas tertentu.
6. Hilangkan Tugas/Kegiatan yang Tidak Penting
Penting untuk menghilangkan aktivitas atau tugas yang berlebih. Tentukan apa yang penting dan apa yang pantas diberi waktu. Menghilangkan tugas/kegiatan yang tidak penting membebaskan lebih banyak waktu anda untuk dihabiskan pada hal yang benar-benar penting.
7. Rencanakan ke Depan
Pastika anda memulai hari dengan ide yang jelas terhadap apa yang anda butuh lakukan, dan apa yang butuh anda selesaikan pada hari itu. Pertimbangkan untuk membuat suatu kebiasaan setiap akhir hari kerja. Lanjutkan dengan menulis daftar yang anda akan lakukan pada esok hari. Degan begitu, anda dapat mulai berlari keesokan paginya.
Manfaatkan waktu anda sebaik mungkin, karena waktu terus berjalan dan tidak dapat diulang.
Sekian. Terima kasih.
Comments
Post a Comment